BAB I ILMU SOSIAL
DASAR
A. ILMU- ILMU SOSIAL
Tiga cabang ilmu
Pengetahuan, yaitu :
Natural Science
meliputi fisika, kimia, astronomi, biologi, dll
Social science terdiri
dari sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, geografi, dll.
Humanities meliputi bahasa, agama, kesusastraan,kesenian , dll. Wujud adanya
perkembangan Ilmu social di Indonesia setelah mendapat kemerdekaan adalah :
1. Berdirinya akademik politik di Yogyakarta yang
di sponsori oleh tenaga akademis Pembina ilmu politik di Belanda.
2. Didirikan balai perguruan tinggi Gajah Mada.
3. Didirikan akademi kepolisian .
B. ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
(IPS ) Adalah ilmu
social yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah
dasar dan menengah. Materi dari disiplin ilmu social sperti geografi, sejarah,
sosiologi, antropoogi, psikologi social, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, dan
ilmu social lainnya.
C.ILMU SOSIAL DASAR (
ISD)
Adalah gabungan dri
disiplin ilmu-ilmu social yang di pergunakan dalam pendekatan dan pemecahan
masalah-masalah social yang timbul di masyarakat.
Latar Belakang ISD
Banyaknyak kritik yang
ditujukan pada system pendidikan di perguruan tinggi oleh beberapa cendikiawan.
Sistem pendidikan kita
menjadi sesuatu yang elite bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab
dengan lingkungan masyarakat.
Tiga Jenis kemampuan :
Kemampuan Personal (
kemampuan pribadi) Dapat menunjukan sikap dan kepribadian Indonesia , mengenal
dan memahami nilai-nilai agama, kemayarakatan, kenegaraan serta pandangan luas
terhadap masyarakat.
Kemampuan akademik
Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis,
menguasai peralatan analisa, berpikir logis, kritis, sistematis, analitis
Kemampuan Profesional
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang besangkutan. Tenaga ahli
diharapkan memiliki pengetahuan yang tinggi.
ISD SEBAGAI KOMPONEN
MKDU MKD
terdiri dari 6
matakuliah, yaitu : Agama, Pancasila, Kewiraan, Ilmu Alamiah Dasar ( IAD)
, Ilmu Sosial Dasar (ISD ), Ilmu Budaya Dasar (IBD ) .
Tujuan ISD adalah :
Membantu perkembangan
wawasan pemikiran dan kepribadian yang luas, dan dapat bermusyawarah dengan
satu sama lain.
RUANG LINGKUP
PEMBAHASAN
Adanya berbagai aspek
yang merupakan suatu masalah social yang dapat di tanggapi dengan pendekatan
sendiri
Adanya keragaman
golongan dan kesatuan social lain dalam masyarakat.
Berdasarkan
ruang lingkup di atas kiranya masih perlu penjabaran lebih lanjut untuk pokok
bahasan yaitu :
1. Mempelajari adanya berbagai berbagai masalah
kependudukan dan hubungannya dengan masyarakat dan kebudayaan
2. Mempelajari adanya masalah-masalah individu,
keluarga dan masyarakat.
3. Mempelajari hubungan antar warga Negara dan
Negara.
4. Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh
masyarakat perkotaan dan pedesaan.
5. Mempelajari ilmu penngetahuan dan tekhnologi
untuk memanfaatkan kemakmuaran masyarakat dan pengurangan kemiskinan.
MASALAH SOAIAL DAN ISD
A. MASAAH SOSIAL
Perbedaan tingkat
perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam dimana
masyarakat itu hidup.
Pengertian masalah
social :
1. Menurut masyarakat
Segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum.
2. Menurut para ahli
Suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat.
B. MASALAH SOSIAL DAN
AHLI ILMU SOSIAL
Sejumlah ahli ilmu
social merasakan bahwa dengan menggunakan pendekatan masalah- masalah social
sebagai kerangkanya maka hakikat masyarakat dan kebudayaan manusia akan lebih
dapat dipahami.
C. MASALAH SOSIAL DAN
ILMU SOSIAL DASAR
Melihat masalah secara
obyektif dan subyektif, obyektif berarti masalah ang telah dikembangkan dalam
ilmu-ilmu social yang digunakan. Subyektif berarti masalah akan dikaji menurut
perspektif masyarakat.
BAB II PENDUDUK,
MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
Peningkatan julah
penduduk/ kelebihan penduduk sebab kemajuan ilmu pengetahuan khususnya ilmu
kedokteran, sehingga kesehatan penduduk lebih terjamin dan tingkat kematian
bayi rendah. Akibatnya, banyak terjadi pengangguran dan banyak tindak
kriminalitas Jenis kelebihan penduduk :
kelebihan penduduk
yang absolute, yaitu bila suatu daerah dalam waktu tertentu tidak dapat
memberikan kebutuhan hidup bagi manusia yang berdomisili.
Kelebihan penduduk
yang relative, yaitu suatu daerah dalam waktu tertentu kebutuhan hidup yang ada
sudah tidak sesuai dengan kemajuan ekonomi dan perkembangan social.
Kekurangan penduduk
disebabkan penduduk lebih mengutamakan karir dan mampu menyeimbangkan jumlah
penduduk. Akibatnya kekurangan tenaga kerja. Pendidikan Sebab :
1. kemiskinan
2. trikat dalam kerja
rumah tangga
3. tidak memiliki
sekolah dasar
Kesehatan Sebab :
1. kebutaan dan anemia
2. Tuberkulosis
3. cacingan
4. Lepr
Kekurangan Gizi
: kekurangan Vit.A dan protein hewani. Usaha mengatasi penduduk dunia
Langkah-langkah :
1. menyeimbangkan
jumlah penduduk
2. konsumsi sumber
daya dan pembangkit polusi harus dikurangi
3. penyelenggaraan
pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan
4. peningkatan
produksi bahan pangan
5. penyuburan dan
perlindungan tanah untuk mencegah erosi.
Masalah penduduk di
Indonesia
1. Rapat penduduk
2. Penyebaran penduduk
3. Tingkat pendidikan
masyarakat yang rendah
Kebijaksanaan
Kependudukan Adalah kebijaksanaan suatu Negara yang menyangkut kemakmuran
penduduk Tujuan : untuk dapat tercapai kesejahteraan penduduk dalam arti yang
luas, terutama keseimbangan antara jumlah penduduk dengan hasil pembangunan.
Usaha untuk
mengimbanginya:
Preservasi : perbaikan
kualitas hasil bumi
Restorasi :
pemeliharaan sumber- sumber biotic dengan mencegah penyakit tanaman dan hewan
Benefisiasi : memelihara
kelangsungan fungsi sumber-sumber alam
Reklamasi : Penambahan
hasil pertanian dengan mengubah tanah improduktif menjadi produktif.
Usaha yang dilakukan :
ekstensifikasi
pertanian : memperluas area pertanian dengan forest clearing.
intensifikasi
pertanian : pemupukan, pengairan, pemilihan bibit unggul, tersering, rotasi
tanaman
transmigrasi :
perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang kuran
padat Macam” transmigrasi : transmigrasi umum, sektoral, spontan, bedol desa.
Migrasi Adalah
Perpindahan penduduk yang melintasi batas administrasi misalnya kelurahan,
kabupaten, kota , Negara. Rumus tingkat migrasi : (jumlah dalam 1th /jumlah
penduduk) x 1000 Pembagian kerja dalam masyarakat Kurangnya kesempatan kerja
Sebabnya :
1. pertumbuhan
penduduk
2. lambatnya
perkembangan dalam bidang pertanian.
Akibatnya yaitu
pengangguran, arus urbanisasi Solusinya membuka lowongan pekerjaan yang luas.
Hubungan manusia dengan kebudayaan Dari sudut pandang antropologi :
1. Manusia sebagai
makhluk biologi
2. manusia sebagai
mahluk social budaya
Hubungan masyarakat
dengan keudayaan -Manusia, masyarakat dan kebudayaan merupakan satu kesatuan
yang utuh -Masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan manusia karena manusia
hidup bermasyarakat.
Wujud kebudayaan
menurut koenjtcaraningrat :
1. ide, gagasan,
nilai”, norma, peraturan yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diraba.
2. kelakuan berpola
manuaia dalam masyarakat
3. Hasil karya manusia
Pranata -Pranata
social : system tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk
memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam masyarakat.
Agar kebutuhan
terpenuhi maka dirumuskan norma” dalam masyarakat.
4 pengertian norma :
cara( usage) Merupakan
suatu perbuatan individu dengan individu lain dalam hubungan bermasyarakat.
kebiasaan( folkways )
perbuatan yang di ulang-ulang dan memiliki kekuatan yang besar disbanding cara.
Ex : menghormati orang yang lebih tua.
tata kelakuan (mores)
kebiasaan yang dilakukan dan dapat diterima sebagai nama” pengatur dalam
masyarakat
Adat kebiasaan (custom
) Terjadi dari tata kelekuan yang kuat integrasinya dengan pola keprilakuan
masyarakat.
Pranata social
a. asosiasi yang
teroganisir contoh keluarga, Negara, serikat buruh.
b. Institusi adalah
bentuk aturan dan prosedur atau system
Macam” Pranata :
Pranata yang bertujuan
memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan Ex: perkawinan, pengasuhan anak.
Pranata yan bertujuan
memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup. Ex: pertanian,
peternakan, perikanan ,industry
Pranata yng bertujuan
memenuhi kebutuhan ilmiah manusia. Ex:penelitian , pendidikan ilmiah
Pranata yang bertujuan
untuk memenuhi kebutuhan pendidikan . ex: TK , SD ,SMP ,SMA,pesantren
Pranata yang bertujuan
untuk rekreassi.Ex : Seni
Pranata yang bertujuan
untuk memenuhi kebutuhan yang brhubungan dengan Tuhan.
Pranata yang
mengurus kebutuhan jasmaniah manusia. Ex : pemeliharaan kecantikan, kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar